-->

Ini 10+ Perbedaan windows 11 home dan pro! Jangan Salah Beli

Perbedaan windows 11 home dan pro wajib banget kamu ketahui sebelum kamu membeli laptop dengan sistem operasi windows 11.

Ini Perbedaan windows 11 home dan pro! Jangan Salah Beli


nbcdns - Ini Perbedaan windows 11 home dan pro! Jangan Salah Beli - Kamu yang ingin membeli laptop baru pasti kebingungan dengan perbedaan windows 11 home dan windows 11 pro.

Biasanya sistem operasi windows menyediakan beberapa versi windows yang tujuannya untuk membedakan penggunaan pribadi dengan penggunaan profesional yang sistemnya lebih kompleks

Sebenarnya yang menjadi perbedaan dari windows 11 home dan pro sendiri tidak banyak namun kadang membuat para pembeli laptop baru agak kebingungan.

Namun kamu gak perlu hawatir lagi saat membeli laptop dengan sistem operasi windows 11 karena nbcdns akan memberikan informasi yang membantu kamu membeli laptop windows 11


Perbedaan windows 11 home dan pro

Memilih sistem operasi yang tepat untuk komputer atau bahkan laptop ibarat memilih otak dari komputer yang ingin kita pergunakan sama seperti memilih prosesor

Bagi kamu yang ingin menggunakan windows 11, sistem operasi dari windows 11 hadir dengan versi home dan pro.

Dari kedua seri ini sama-sama menawarkan antar muka yang elegan dan fitur yang menarik yang bisa menunjang pekerjaan kamu.

Namun dari perbedaan windows 11 home dan pro terdapat perbedaan yang cukup mendasar yang wajib kamu cermati sebelum memilih os untuk laptop kamu.

Baca Juga Cara Install Dan Install Ulang Laptop Dan PC Windows 10


Fokus penggunaan

Perbeaan windows 11 home dan pro yang pertama adalah pada target dari pengguna yang menggunakan sistem operasi windows 11.

Windows 11 home memang di rancang dan banyak digunakan pada para pengguna rumahan karena fokus dari windows 11 home memang dari kemudahan penggunaan dan aktivitas harian saja seperti browsing internet, pembuatan dokumen dan hiburan multi media.

Windows 11 pro lebih cocok untuk digunakan pada pengguna profesional yang menawarkan fitur keamanan dan manajemen jaringan yang lebih lengkap sehingga sangat cocok untuk bisnis dan penggunaan kantoran.


Keamanan

Perbedaan windows 11 home dan pro selanjutnya adalah fitur keamanan dasar seperti windows defender dan juga firewall.

Di windows 11 pro memiliki fitur Bitlocker yang bisa kita pergunakan untuk mengenkripsi seluruh drive untuk melindungi data sensitif.

Windows 11 pro juga dibeklai dengan windows information protection (WIP) yang bisa membantu kamu untuk mengamkan data perusahaan pada perangkat karyawan.

Fitur ini bisa digunakan untuk memisahkan data pribadi dan data pekerjaan kantor dan juga bisa melakukan pembatasan akses ke data perusahaan jika perangkat yang digunakan hilang atau dicuri.

Baca Juga Cara Enable dan Disable Bitlocker di Windows 10 dan Windows 11


Bergabung ke domain

Pada jaringan kantor pasti suka memiliki domain sendiri maka dengan menggunakan windows 11 pro memiliki fitur yang memduahkan komputer untuk terhubung dengan domain yang bisa memudahkan administrasi penggunaan, grup, dan kebijakan keamanan terpusat.

Dengan windows 11 pro akan membuat pengelolaan jaringan di kantor jauh lebih efisien dan terkontrol. Namun untuk pengguna windows 11 home fitur join domain tidak ada.


Enkripsi perangkat

Untuk saat ini keamanan data masih sangat penting apalagi di era digital. Windows 11 pro menghadirkan fitur Device Encryption yang mengenkripsi seluruh perangkat seperti drive penyimpanan data.

Fitur ini memberikan kamu lapisan keamanan yang cukup tinggi apalagi jika kamu kehilangan laptop.


Hyper V

Untuk kamu pengguna fitur seperti virtualisasi. Di Windows 11 pro memiliki fitur canggih ini.

Dengan kamu menggunakan hyper-v kamu bisa menjalankan beberapa sistem operasi secara virtual di satu mesin.

Kamu bisa menggunakan vitur ini untuk menguji aplikasi baru di sistem operasi yang terinstall di dalam hyper-v sehingga sistem operasi utama kamu tidak rusak.

Namun untuk vitur ini, sistem operasi windows 11 home tidak memiliki vitur hyper-v dan kamu wajib menginstall aplikasi lain seperti virtual box atau VMware.

Baca Juga 3 Cara Mudah Mengaktifkan Virtualisasi di PC Windows 11


Windows sandbox

Di windows 11 pro terdapat vitur windows sandbox. fitur ini merupakan fitur lingkungan desktop virtual yang terisolir dari sistem operasi utama.

Kamu bisa menggunakan windows sandbox untuk mencoba software baru, menjalankan program yang tidak di percaya atau kamu juga bisa menjelajah internet dengan aman tanpa resiko mengganggu sistem utama kamu.

Saat kamu mencoba untuk menutup windows sand box, semua perubahan yang terjadi pada sistem yang kamu buat ini akan terhapus. nah fitur ini tidak tersedia pada windows 11 home.

Baca Juga Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11


Akses  jarak jauh

Sekarang ini kita bisa bekerja secara remote yang bisa kita lakukan dari rumah. di Windows 11 pro di lengkapi dengan fitur remote desktop connection yang memungkinkan untuk kamu mengakses dan mengontrol PC dari jarak jauh.

Fitur ini sangat berguna bagi tim IT untuk memberikan bantuan teknis atau bagi pekerja yang memerlukan bantuan tenaga IT untuk mengakses komputer kantor mereka dari rumah.

Di windows 11 home fitur ini tidak ada, namun kamu masih bisa melakukan remote jarak jauh dengan menggunakan aplikasi remote desktop lainnya.

Baca Juga 6 Cara Remote PC dari Jarak Jauh


Kelola akun dengan group policy

Di windows 11 pro terdapat fitur untuk mengelola banyak komputer dalam jaringan domain, fitur group policy di windows 11 pro akan membantu.

Dengan menggunakan group policy, kita bisa mengatur konfigurasi sistem, keamanan, dan aplikasi secara terpusat untuk semua komputer di domain.

Hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga dibandikan dengan mengatur setiap komputer satu persatu. dan di windows 11 home fitur ini tidak tersedia.

Baca Juga Cara Aktifkan Local Security Policy (secpol.msc) di Windows 11 Home or Pro


Management penyimpanan dan juga memori lebih besar

WIndows 11 pro mendukung RAM hingga 2 TB, dan hal ini tentunya menjadi sebuah keuntungan bagi pengguna yang membutuhkan performa laptop dan pc dengan spesifikasi tinggi seperti content creator, programmer atau juga gammer.

Windows 11 pro juga memungkinkan kamu untuk mengakses lebih banyak memori virtual dibandingkan windows 11 home.

Baca Juga Wajib SIMAK!! Perbedaan RAM Memori DDR3 Dan DDR4


Upgrade ke windows 11 pro

Jika kamu pengguna windows 11 home namun kamu ingin beralih ke windows 11 pro kamu bisa melakukan melakukan pembelian upgrade ke windows 11 melalui microsoft store.

Untuk harga berfariasi terganggung dari versi windows 11 home yang saat ini sedang kamu pergunakan.


Harga

Dari sisi harga, windows 11 pro memiliki harga yang cukup jauh berbeda dengan versi windows 11 home yang bisa kamu dapatkan.

Sehingga windows 11 pro lebih cocok untuk digunakan pada laptop business ketimbang pengguna rumahan.

Dari beberapa perbedaan di atas maka bisa kita tarik kesimpulan jika kamu ingin menggunakan windows 11 sebagai sistem operasi laptop kamu.

Maka di sarankan untuk melihat terlebih dulu perbedaan windows 11 home dan pro diatas terlebih dulu.

Jika kamu merupakan gammer atau pengguna laptop dengan spesifikasi yang cukup berat maka di sarankan untuk membeli laptop dengan sistem operasi windows 11 pro.

Namun untuk hanya menggunakan laptop untuk keperluan office atau nonton video maka kamu bisa menggunakan laptop dengan sistem operasi windows 11 home.

Sekian dulu artikel nbcdns kali ini dengan judul Ini Perbedaan windows 11 home dan pro! Jangan Salah Beli

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini 10+ Perbedaan windows 11 home dan pro! Jangan Salah Beli"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel