-->

Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11

Windows SandBox merupakan salah satu fitur yang kamu dapatkan jika kamu menggunakan windows 11 versi pro.

Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11


nbcdns - Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11 - Bagi kamu yang sering menggunakan banyak sistem operasi di laptop atau komputer kamu.

Pastinya sering banget menggunakan aplikasi virtual box atau aplikasi VMware yang merupakan aplikasi untuk menginstall sistem operasi lain di komputer yang sekarang ini kamu gunakan.

Windows sendiri juga memiliki fitur seperti virtual box dengan nama Hyper-V yang sebetulnya sudah terpasang di komputer saat kamu menginstall windows 11.

Namun banyak dari kita yang tidak mengetahui apa fungsi dan kegunaan dari Hyper-v yang ada di sistem operasi windows 11 pro.

Untuk pengguna windows 11 home, kamu gak dapat fitur ini tapi bisa kamu gantikan dengan menggunakan aplikasi lain seperti Virtual Box atau VMware.

Windows Sandbox sendiri merupakan sebuah fitur yang ada di aplikasi microsft windows yang sudah ada sejak windows 10 versi 1903.

Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa memiliki fitur komputer virtual di dalam sebuah komputer layaknya menggunakan dua sistem operasi sekaligus.

Namun beberapa pengguna windows tidak mengetahui fitur keren yang ada di laptopnya, lalu Windows sand box untuk apa?  dan bagaimana cara mengaktifkan fitur yang satu ini?

Baca Juga Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!


 Apa itu windows sandbox?

Windows sandbox merupakan lingkungan desktop ringan yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan aplikasi windows dengan aman pada ruang yang terisolasi.

Aplikasi yang berjalan pada windows sandbox akan tetap tersandbox(sandboxed) dan berjalan secara terpisah dari mesih host utama.

Jadi saat kamu menjalankan aplikasi yang berbahaya os utama kamu akan tetap aman dan aplikasi yang terinstall di windows sand box akan hilang setelah kamu mematikan windows sandbox.

Dikarenakan windows sand box merupakan OS sementara dari OS utama kamu, maka ketika sandbox di tutup maka semua data ( perangkat lunak, data, file, dan status ) yang ada di windows sandbox akan langsung terhapus atau tidak akan di simpan.

Saat kamu membuka windows sand box maka kamu akan mendapatkan mesin virtual yang benar-benar baru mirip seperti kamu menggunakan aplikasi deepfreez yang sering di gunakan pada warnet-warnet jaman dulu.


Kegunaan windows sandbox

Karena sistem operasi yang ada di windows sandbox memiliki sifat yang sementara maka windows sandbox bisa kamu gunakan untuk beberapa hal berikut

  • Memeriksa malware
  • Mencoba software
  • Menjelajah internet
  • Melakukan download file
  • Bereksperimen dengan pengaturan Windows
Jadi misalkan kamu lagi download aplikasi lain namun kamu curiga dengan aplikasinya maka kamu bisa install aplikasi tersebut di windows sandbox terlabih dulu


Spesifikasi pc untuk menjalankan windows sandbox

Untuk menjalankan windows sandbox maka kamu harus memenuhi sistem requirement agar kamu bisa menjalankan sistem operasi ini

  • Windows 10 build 1903 atau yang lebih baru, Windows 11
  • Windows Pro, Enterprise or Education edition
  • ARM64 (for Windows 11, version 22H2 and later) or AMD64 architecture
  • Minimum 4 GB RAM (Rekomendasi 8GB)
  • Tersedia 1 GB disk kosong (Rekomendasi SSD)
  • Minimum 2 core CPU (Rekomendasi 4 core dengan hyper-threading)
  • Virtualization sudah diaktifkan di BIOS

Cara mengaktifkan windows sandbox

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur keren dari sistem operasi windows yang satu ini, maka kamu wajib untuk melakukan beberpaa langkah-langkah yang akan nbcdns berikan di bawah ini

Cara yang paling mudah untuk melakukan pengecekan apakah fitur virtualization yang ada di laptop atau pc kamu sudah aktif adalah dengan membuka taskmanager yang ada di pc kamu.

Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11

Untuk cara mengaktifkannya kamu bisa klik kanan pada taskbar yang kosong lalu pilih taskmanager > Performace > CPU 

Jika belum aktif kamu bisa mengaktifkan fitur ini melalui bios dengan cara yang sudah di sesuaikan dengan merek dan versi laptop yang kamu gunakan.

Selanjutnya ketikkan pada taskbar Turn Windows Features on or Off untuk membuka menu tersebut.

Aktifkan opsi untuk "Virtual machine platform"  dan "Windows sandbox"

Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11


Tekan OK dan restar komputer yang sedang kamu gunakan sekarang ini

Setelah kamu melakukan restart komputer yang sekaran ini sedang kamu pergunakan, maka kamu bisa menemukan windows sandbox yang ada pada start menu.

Atau kamu bisa ketikkan windows sandbox dan bisa membuka menu tersebut.

Setelah informasi dari nbcdns di atas maka kamu sudah bisa membuka windows sandbox dan melakukan esperimen yang bisa kamu lakukan di mesin virtual (Sandbox).

Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11

Kamu akan merasa menggunakan mesin host utama, tapi sebenarnya kamu sedang menggunakan windows yang ada pada sandbox.


Sekarang ini kamu sudah bisa menggunakan mesin virtual yang menjadi fitur bawaan di sistem operasi windows 11.

Untuk kamu yang ingin mencoba-coba melakukan experiment dengan aplikasi bajakan karena di windows sandbox sistem operasi yang digunakan terpisah dari windows hostnya.

Sekian dulu informasi yang nbcdns berikan mengenai windows sandbox dengan judul Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Windows SandBox & Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Windows 11"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel